E - Conference Universitas Merdeka Malang, Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA) #3 2022

Font Size: 
Pengaruh Kualitas Layanan dan Content Marketing terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Provinsi Gorontalo
Sudarsono Sudarsono, Rudianto Rudianto

Last modified: 2022-12-26

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kualitas layanan secara parsial terhadap minat kunjungan wisatawan di Provinsi Gorontalo; (2) menhetahui pengaruh content marketing secara parsial terhadap minat kunjungan wisatawan di Provinsi Gorontalo; (3) mengetahui pengaruh kualitas layanan dan content marketing secara simultan terhadap minat kunjungan wisatawan di Provinsi Gorontalo.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif melalui pengumpulan data dengan kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara regresi berganda pada aplikasi komputer SPSS versi 21.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan di Provinsi Gorontalo dengan koefisien determinasi sebesar 11,30%; (2) content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan di Provinsi Gorontalo dengan koefisien determinasi sebesar 53,60%; (3) kualitas layanan dan content marketing secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan wisatawan di Provinsi Gorontalo dengan koefisien determinasi sebesar 64,90%. Sedangkan sisanya sebesar 35,10% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel harga paket perjalanan, hotel dan penginapan, makanan dan minuman, dan variabel lainnya.


Keywords


kualitas layanan, content marketing, minat wisatawan

Full Text: PDF 181-190