E - Conference Universitas Merdeka Malang, Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA) #3 2022

Font Size: 
Identifikasi Potensi Komunikasi Desa Wisata Pada Era New Normal (Studi Desa Wisata Kabupaten Semarang)
Syaiful Ade Septemuryantoro

Last modified: 2022-09-21

Abstract


Membangkitkan potensi desa wisata di masa pandemi menjadi salah satu alternatif cara menghidupkan kembali pasca-covid-19 nanti. Kebangkitan akan dijelaskan jika mampu mengidentifikasi potensi daerah setempat. Potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam harus dipetakan dengan pemetaan yang kemudian dikomunikasikan. Kabupaten Semarang memiliki potensi kekayaan karena letaknya yang berada di daerah yang kaya akan sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi komunikasi yang dimiliki desa wisata di Kabupaten Semarang pada masa pandemi, sehingga dapat dilaksanakan pemberdayaan masyarakat berbasis lokal ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT sebagai salah satu cara untuk mengetahui potensi desa wisata. Hasil penelitian menunjukkan latar belakang peningkatan pemberdayaan setiap potensi berbasis lokal dalam pelaksanaan pengelolaan desa wisata. Pola dan kebiasaan lain yang harus ditata dengan baik dalam membangun jaringan sementara desa wisata tidak bisa menggunakan dana investor eksternal. Komunikasi pemerintah dan masyarakat dalam mengidentifikasi seluruh potensi berbasis lokal di setiap desa wisata di Kabupaten Semarang. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa potensi desa wisata di Kabupaten Semarang sudah terlihat, namun pemberdayaan dan pengelolaannya harus tepat, tidak terjadi begitu saja dari waktu ke waktu.


Keywords


Potensi Komunikasi, Desa Wisata, New Normal.

Full Text: PDF 1-9