E - Conference Universitas Merdeka Malang, Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA) #3 2022

Font Size: 
Strategi Pemasaran Pariwisata di Kabupaten Barito Kuala
Alfiannor Alfiannor

Last modified: 2022-12-24

Abstract


Pariwisata merupakan sebuah industri jasa yang digunakan sebagai salah satu pendorong perekonomian dunia. Pariwisata merupakan industri dengan pertumbuhan yang cepat di dunia. Di Indonesia, priwisata merupakan penghasil devisa negara nomor tiga setelah minyak dan tekstil. Kabupaten Barito Kuala mempunyai potensi yang sampai saat ini belum dioptimalkan, yaitu potensi pariwisata. Kabupaten Barito Kuala merupakan salah satu daerah yang mempunyai beberapa obyek wisata dan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Barito Kuala yang berbatasan langsung antara Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah denganĀ  menjadikan kabupaten ini mempunyai pesona alam pantai yang indah. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu diketahui strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Barito Kuala dalam upayanya mengembangkan sektor kepariwisataan daerah dan mengetahui hambatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Barito Kuala dalam meningkatkan sektor kepariwisataan.

Metode penelitian ini adalah studi deskriptif dengan desain kualitatif. Penelitian ini menguraikan tentang strategi pemasaran pariwisata di Kabupaten Barito Kuala. Banyaknya obyek wisata yang ada memerlukan startegi pemasaran dari semua pihak yaitu pemerintah, swasta dan andil dari masyarakat sekitar.

Hasil penelitian menemukan bahwa Kabupaten Barito Kuala memiliki banyak keunggulan di bidang pariwisata dengan ditemukannya banyak obyek wisata yang dapat dikunjungi meliputi wisata alam, wisata wisata sejarah, wisata religi, dan wisata budaya. Strategi pemasaran yang dilakukan meliputi keunggulan yang ada, ampak terhadap perekonomian masyarakat, kerjasama pemerintah dengan swasta serta melaksanakan festival tahunan di lokasi wisata sebagai ajang prmosi. Hambatan yang ditemukan dalam pemasaran pariwisata meliputi terbatasnya sarana dan prasarana penunjang serta kurangnya ajang promosi yang dapat mendongkrak pariwisata di Kabupaten Barito Kuala.

Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran pariwisata di Kabupaten Barito Kuala meliputi kerja sama dengan semua pihak baik pemerintah, masyarakat, dan swasta untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Barito Kuala.

Keywords


Strategi Pemasaran, Pariwisata

Full Text: PDF 97-104