E - Conference Universitas Merdeka Malang, Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA) #2 2021

Font Size: 
Pengaruh Citra Destinasi Wisata dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Pantai Tiga Warna
Winda Septiandari

Last modified: 2021-10-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Citra Destinasi Wisata dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Pantai Tiga Warna, Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel bebas yaitu Citra Destinasi Wisata dan Kualitas Layanan serta variabel terikat yaitu Kepuasan Pengunjung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pada penelitian ini terdapat populasi sebesar 16.800 yang didapat dari data historis pengunjung Pantai Tiga Warna, Kabupaten Malang pada periode Januari-Agustus 2020. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan 100 responden yang telah melakukan kunjungan ke Pantai Tiga Warna. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Citra Destinasi Wisata dan Kualitas Layanan baik secara parsial ataupun simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung di Pantai Tiga Warna. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat diberikan beberapa rekomendasi berupa saran-saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak pengelola Pantai Tiga Warna yaitu senantiasa meningkatkan citra wisata dengan meyakinkan wisatawan untuk melakukan kegiatan wisata, meningkatkan standar wisata, serta memperhatikan kebersihan lingkungan.

Kata Kunci: Citra Destinasi Wisata, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengunjung


Keywords


Citra Destinasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengunjung

Full Text: PDF 142-151