E - Conference Universitas Merdeka Malang, Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA) #2 2021

Font Size: 
Pengembangan Model Bisnis Desa Wisata Di Era New Normal
Umu Khouroh, Christina Sri Ratnaningsih, Bayu Rahayudi

Last modified: 2021-11-11

Abstract


Tujuan studi ini adalah membuat model bisnis inovatif yang tepat bagi desa wisata di era pandemi Covid-19. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kebijakan dengan pendekatan kualitatif mengambil sampel desa wisata di Kota Batu. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Untuk tujuan penyusunan model bisnis menggunakan model bisnis canvas desa wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang sesuai untuk pengelolaan desa wisata adalah pengembangan produk, pengembangan pasar dan promosi dan pengelolaan yang efektif. Model pengelolaan yang sesuai adalah kolaborasi pengelolaan dalam bentuk diversifikasi yang meliputi perlindungan aspek ekologis, identifikasi potensi pengembangan daya tarik wisata, pengembangan sumberdaya manusia, kerjasama, pengembangan kegiatan wisata, pembuatan paket wisata, pengaturan pengunjung, pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana, promosi dan pemasaran serta komunikasi dan koordinasi antar stakeholder. Penelitian ini diharapkan memberikan bukti teoritis dan empiris terkait dengan pengembangan model bisnis yang tepat bagi desa wisata agar mampu bertahan dan bangkit pada masa new normal.

Keywords


Model Bisnis; Desa Wisata; Era New Normal

Full Text: PDF 171-180