Font Size:
Dampak Covid-19 Terhadap Keberlangsungan Bisnis Pariwisata (Perhotelan) di Kota Semarang
Last modified: 2020-12-08
Abstract
Sektor pariwisata merupakan sektor yang paling potensial untuk dikembangkan dalam salah satu daerahnya. Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang sangat dikenal oleh masyarakat, di samping akomodasi komersil lainnya. Usaha perhotelan sekarang ini sudah merupakan suatu industri hotel yang memerlukan sumber dana dan sumber daya manusia dalam jumlah besar, dengan resiko kerugian atau keuntungan yang besar pula Virus Corona atau COVID-19, kasusnya dimulai dengan pneumonia atau radang paru- paru misterius pada Desember 2019. Awal virus ini berasal dari Negara China yang kemudian menyebar luas hingga ke Indonesia. Kondisi Pada Januari 2020 - Mei 2020 kian memburuk mengakibatkan penurunan pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Banyak sektor yang terkena dampak covid-19 salah satunya pada sektor pariwisata dimana hotel- hotel harus tutup dan mengurangi karyawan. Akibat adanya virus corona, pukulan terbesar dialami sektor pariwisata dan turunannya. Lebih dari seribu hotel tutup karena pandemi corona. Berdasarkan laporan yang diterima Kadin sejauh ini, sebanyak 1.650 hotel tutup karena terdampak corona di Indonesia. Sebagai contoh salah satu anak usaha yang dimiliki oleh PT Pertamina (Persero), BUMN terbesar di Indonesia, PT Patra Jasa merupakan sebuah badan usaha yang patut diperhitungkan kredibilitasnya di Indonesia. Perusahaan ini telah melayani masyarakat sejak tahun 1975, beroperasi pertama kali di industri perhotelan. Dengan sumber daya manusia yang kompeten, kami siap memberikan layanan terbaik, guna menunjang keunggulan kualitas produk yang kami kembangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu cabang Hotel Patra Jasa ada di Kota Semarang. Solusi yang dapat membantu agar sektor pariwisata dalam industri pehotelan saat ini adalah: - Mengupayakan Resto Patra Semarang Hotel & Convention dalam layanan pesan antar - Memperbanyak variasi Menu Resto pada layanan online
Keywords
Bisnis Jasa; Hotel; Covid-19; Patra Jasa Semarang
Full Text:
PDF 314-318