Font Size:
Pengelompokkan Perilaku Pembelian Konsumen Batik pada UMKM Menggunakan Fuzzy Clustering
Last modified: 2021-01-18
Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah usaha yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau sekelompok kecil orang dengan jumlah modal atau kekayaan serta pendapatan tertentu. Salah satu produk unggulan dari UMKM adalah batik, karena Batik merupakan salah satu warisan bangsa Indonesia yang unik. Kondisi klasik yang selalu dimiliki UMKM batik adalah terbatasnya jumlah modal yang menuntut UMKM harus memiliki startegi dalam pengelolaan modal, yaitu mampu mengoptimalkan modal dalam proses perencanaan produksi. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses produksi adalah jumlah permintaan dari konsumen. Tingginya daya saing, menuntut UMKM untuk melihat lebih jeli peluang yang ada yaitu dengan cara melihat perilaku konsumen yang menjadi sasaran pasarnya. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisis atau pemetaan perilaku pembelian konsumen batik pada UMKM. Pemetaan ini bertujuan untuk mengelompokkan konsumen yang memiliki perilaku yang sama. Pemetaan atau pengelompokkan dilakukan menggunakan Fuzzy Clustering. Hasil penelitian di dadapatkan Fuzzy Clustering mampu mengelompokkan perilaku konsumen batik pada UMKM
Full Text:
PDF