E - Conference Universitas Merdeka Malang, Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA) #4 2023

Font Size: 
Wisata Digital Berbasis Virtual Reality pada Destinasi Wisata Bukit Waru Doyong Brebes
bagus roni setiawan

Last modified: 2023-08-21

Abstract


Peran teknologi baru dalam industri pariwisata sedang mengalami perubahan yang cepat, yang mengarah pada pengembangan hubungan dengan pelanggan melalui penggunaan virtual reality dalam pemasaran destinasi wisata. Selain fokus pada pengaruh niat perjalanan, penggunaan VR diharapkan memiliki dampak pada pengalaman wisata di tempat tujuan. Salah satu contoh destinasi alam yang masih kurang dikenal oleh masyarakat umum adalah Bukit Waru Doyong di kota Brebes. Dalam era perkembangan teknologi digital, penggunaan teknologi dalam sektor pariwisata disebut sebagai e-tourism. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan suatu model inovatif untuk mengembangkan pariwisata digital di tingkat nasional. Penggunaan VR digunakan untuk mempromosikan wisata secara digital, menciptakan citra khusus untuk destinasi wisata, dan mengkomunikasikannya secara konsisten dan terkoordinasi kepada dunia luar. Dalam penelitian ini, digunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang melibatkan beberapa tahap seperti concept, design, material collecting, assembly, terting, dan distribusi. Pemanfaatan VR dalam promosi wisata Bukit Waru Doyong akan menarik minat wisatawan karena mereka dapat merasakan simulasi dari pengalaman wisata tersebut. Temuan ini juga menguatkan pentingnya mengembangkan skenario masa depan untuk virtual reality sebagai faktor penentu dalam perencanaan strategis di sektor pariwisata.

Keyword : pariwisata, wisata digital, virtual reality


Full Text: PDF