Last modified: 2022-02-10
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan Forecasting trend hasil penjualan dengan menggunakan metode least square dengan hasil penjualan real serta menguji keakuratan hasil forecasting metode least square dalam Menyusun anggaran operasional pada PT.Telkom, tbk dan Menyusun Strategi Penjualan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi serta melalui data keuangan PT.Telkom, Tbk. Sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan data histori hasil penjualan PT.Telkom tahun 2007 sampai dengan tahun 2013 untuk mengetahui prediksi penjualan tahun 2014 sampai dengan tahun 2020 untuk kemudian di bandingkan dengan hasil penjualan real pada PT.Telkom, tbk tahun 2014 sampai dengan tahun 2020 agar dapat diketahui nilai selisihnya yang dipergunakan untuk menentukan relevan atau tidak penerapan forecasting metode least square dalam Menyusun anggaran operasional perusahaan. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa analisis forecasting metode Least Square menunjukan terdapat peningkatan hasil penjualan pada PT.Telkom, Tbk tahun 2014 sampai dengan tahun 2020 , sehingga PT.Telkom dapat menggunakan forecasting dengan metode least square utuk sebagai acuan dalam menetapkan strategi untuk mencapai target penjualan yang maksimal sesuai dengan kemampuan hasil penjualan yang dapat diperoleh PT.Telkom berdasarkan forecasting metode least square.Tingkat selisih perbedaaan yang signifikan antara hasil perhitungan forecasting metode least squarq dengan hasil penjualan real yang diperoleh PT.Telkom, Tbk tahun 2014 sampai dengan tahun 2015 membuktikan bahwametode least square belum tepat dan sesuai apabila dijadikan landasan dalam menentukan keputusan terkait manajemen perencanaan anggaran atau biaya pada PT.Telkom, tbk dan tidak dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam keputusan investasi bagi investor, sehingga PT.Telkom dapat menggunakan forecasting dengan metode least square utuk sebagai acuan dalam menetapkan strategi untuk mencapai target penjualan yang maksimal sesuai dengan kemampuan hasil penjualan yang dapat diperoleh PT.Telkom berdasarkan forecasting metode least square.
Kata kunci : Forecasting, penjualan, metode least square