E - Conference Universitas Merdeka Malang, SEMINAR NASIONAL MANAGEMENT, ACCOUNTING AND ECONOMICS (SEMAE) 2022

Font Size: 
KAJIAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PRIVATE LABEL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO/RITEL ALFAMART
APOLONIUS ROLAN, Nirwana Nirwana

Last modified: 2022-02-10

Abstract


Bisnis ritel Indonesia telah berkembang dengan peningkatan jumlah pengecer yang ada. Persaingan bisnis yang berkembang saat ini membuat perusahaan ritel Alfamart berkembang melalui private label. Private label adalah merek produk yang dijual dengan menggunakan nama toko. Private label adalah salah satu strategi pengecer untuk menjadi kompetitif di pasar. Penggunaan label pribadi yang efektif dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli dan menggunakan produk label pribadi jika pengecer dapat membangun kepercayaan pada produk label pribadi yang mereka miliki. Produk dengan kualitas yang baik akan membuat konsumen percaya, kemasan yang menarik akan membuat konsumen ingin menggunakan atau membeli produk dan harganya menjadi faktor penentu keberhasilan private label. Rendahnya harga private label akan membuat konsumen memilih untuk membelinya, namun harga yang murah dapat membuat persepsi bahwa produk juga kualitasnya lebih rendah. Artikel ini membahas tentang kelebihan dan kekurangan label pribadi di toko.


Keywords


Private Label, Efektivitas, Ritel

References


Asnawi, RA Aisah (2009). Analisis Literatur Hubungan Private Label Kesadaran Merek dan Citra Merek dan Penerapannya Pada Industri Hipermarket, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. X No 1 hal 72-86. Diakses pada Mei 2014.

Fortunata, F. 2014. Analisis Strategi Bersaing Produk Private Brand Dalam Bisnis Ritel Modern. Competence : Journal of Management Studies. Vol. 8, No. 2.

 

Hanafi, M. 2015. Konsep Dasar Dan Perkembangan Teori Manajemen. EKMA 4116/ MODUL 1. Hal 1.9. http://repository.ut.ac.id/4533/1/EKMA4116-M1.pdf

Hartanto, Adrian, Haryanto, Jony Oktavian (2012). Pengaruh Display, Kepercayaan Merek, Keakraban Merek, Persepsi Harga Terhadap Intensi Pembelian dan Pembelian Tak Terencana, Proceeding for Call Paper Pekan Ilmiah Dosen FEBUniversitas Kristen Sayta Wacana, Salatiga.

 

Hasan, Ali (2008). Marketing, Jakarta. Buku Kita

 

Jain, Vinamra dan Sharma, Ashok (2014). Brand Equity of Private Labels in India, Vol 4 issue 3 ISSN 2249-1058.

 

Kanjaya, Meshvara, Susilo, Yongki (2010). Retail Rules Melihat Keunggulan dan Potensi Bisnis Ritel Makanan di Masa Depan. Jakarta, Esensi.

 

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1, Jakarta, Erlangga.

 

Lamb, Hair & Mc Daniel (2001). Pemasaran buku 2, Jakarta, Salemba Empat.

 

Levy and Weitz. 2004. Retailing Management, Fifth Edition. New York: The McGraw-Hill.

 

Liem, R. N. S. 2014. Srategi Pelaku Bisnis Ritel Dalam Mengembangkan Produk Private Label(Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).

Listiyani, A, 2011, Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Intensi Pembelian Produk Produk Private Label Carrefour. Fakultas Ekonomi: program magister Manajemen. Universitas Indonesia

 

Manopol, Yuyun dan Wiraspati, Rangga. 2012. Hypermarket dan Minimarket Makin Kepincut Private Label. http://swa.co.id/swa/headline/hypermarket-dan- minimarket-makin-kepincut-private-label.

Mulyono, P. 2013. Strategi Pengembangan Private Label Dalam Bisnis Ritel.Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen. Vol. 2, No. 1.

 

Marta, Ceicilia (2004). Hubungan Antara Private Label dengan Ekuitas Merek Retailer (Studi Kasus pada Hero Supermarket), Universitas Indonesia.

 

Peter JP dan Olson (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta, Salemba Empat.

 

Saparso, S., dan Joseph, J. 2011. Private Label pada Carrefour. Ilmiah Manajemen Bisnis.

Vol. 11, No. 2.

 

Setiawan,      Ebta.       2016.       Kamus       Besar       Bahasa       Indonesia       (KBBI).

http://kbbi.web.id/efektivitas

Sugiarta, I Nyoman (2011). Panduan Praktis & Strategis Retail Consumer Goods, Jakarta, Expose.

 

Suliyono, Anda, 2011, Private Label – A New Hope, http://visi4anda.wordpress.com/2011/12/25/private-label-a-new-hope/

 

Sumarwan, Ujang dkk (2013). Riset Pemasaran Konsumen, Bogor, IPB Press.

Tannur, F. I. 2013. Keunggulan Private Label Dibandingkan Merek Nasional Pada Ritel Hypermarket.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen. Vol 2, No, 3.

 

Untung, S. D. 2013. Potensi Private Label Dalam Menarik Minat Konsumen Pada Bisnis Retail. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen. Vol. 2, No. 2.

 

Wahyuwidiatri, Listrina (2010). Pengaruh Faktor-faktor Nilai Terhadap Preferensi Merek Toko Carrefour, Universitas Katolik Atma Jaya, Yogyakarta.

 

Wibisono, B. danParamita, L. E. 2014. Persepsi Konsumen terhadap Produk Private Label Indomaret: Studi pada Indomaret di Salatiga.(Doctoral dissertation, Program Studi Manajemen FEB-UKSW).

Wijaya, Trisna (2009). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Produk Private Label di PT Lion Super Indo Jakarta, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Krida Wacana.

Wijayani,    Septi.    2016a.    Ini    Tantangan    yang    Harus                    Dihadapi              Pemain                 Ritel.

http://marketeers.com/ini-tantangan-yang-harus-dihadapi-pemain-ritel/

 

Wijayani, Septi. 2016b. APRINDO Optimistis Pertumbuhan Ritel Akan Lebih Baik Tahun 2017.http://marketeers.com/aprindo-optimistis-pertumbuhan-ritel-akan-lebih-baik- tahun-2017.

Wijayanti, R. F., Suharyono, S., dan Suyadi, I. 2013. Pengaruh Citra Toko, Variasi Kualitas, Product Signatureness Terhadap Kualitas Yang Dipersepsikan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Produk Private Label Brands (Survai Pada Konsumen “Inspired 27 Store”). Profit (Jurnal Administrasi Bisnis). Vol. 7, No. 1


Full Text: PDF